Tinggalkan komentar

Partikel Tuhan

Penemuan Partikel Tuhan

Halo pembaca yang mulia hatinya,,, saat ini saya sebagai penulis ingin ikut share mengenai informasi yang telah ramai di bahas oleh kalangan akademis maupun kalangan masyarakat luas. Penemuan ini sangat menggemparkan para khalaya ramai, tentu saja hal ini beralasan yang disebabkan oleh sebuah penemuan dari Eropa Conseil Europeene pour la Recherche Nucleaire (CERN) dengan dibantu oleh Large Hadron Collider (LHC) yang telah ikut serta dalam memberikan alat untuk menemukan partikel tersebut. Awal terbencetusnya gagasan maupun teori partikel tuhan dikemukakan fisikawan Inggris, Peter Ware Higgs, pada 1964. Higgs mengemukakan suatu teori yang menjelaskan bahwa alam semesta terbentuk dari suatu partikel dasar, yang ia menamakan partikel tersebut dengan partikel tuhan, kemudian dalam penjelasan lebih lanjut mengenai partikel tuhan merupakan salahsatu sains yang nantinya dapat mengembangkan ilmu pengetahuan selanjutnya.

Selanjutnya mengenai partikel tuhan muncul dalam benak kita apakah pertikel tuhan merupakan partikel yang membentuk tuhan,,, untuk menjawab hal tersebut menurut sumber yang digunakan penulis di edisi KOMPAS.com menunjukkan bahwa partikel tuhan merupakan suatu yang hilang dari standart fisika saat ini. Hal yang jelas adalah partikel tuhan merupakan suatu penemuan yang menjelaskan asal – usul dari suatu massa sehingga diharapakn dengan menemukan partikel ini dapat menjelaskan asal – usul dari alam semesta ini. Munculnya nama partikel tuhan merupakan hasil pemberian julukan dari Leon Lederman (pemenang Nobel Fisika 1988) yang pernah memberi julukan Higgs Boson ‘The Goddamned Particle’ dalam bukunya, Alasannya karena partikel tersebut sangat susah dicari dan ditemukan. Dengan demikian partikel tuhan tidak ada kaitannya dengan tuhan.

Perlu diketahui para pembaca bahwa dalam penemuan partikel tuhan tidak hanya melibatkan ilmuan dari Inggris akan tetapi juga melibatkan ilmuan dari berbagai dunia, bahkan melibatkan ilmuan Indonesia. Ilmuan Indonesia tersebut bernama Haryo yang merupakan satu dari dua fisikawan Indonesia yang terlibat dalam penelitian ini, ia bekerja di laboratorium CERN di Jenewa, Swiss. Adapun Fisikawan lain, Rahmat Rahmat, bekerja dari laboratorium Fermilab di Amerika Serikat. Menurut ilmuan Indonesia yang ikut serta dalam penemuan partikel tuhan mengatakan memang benar saat ini belum muncul kegunaan praktis dari penemuan partikel ini namun diharapkan dengan penemuan partikel ini dapat menjadi dasar untuk kegunaan bagi manusia. Nah, para pembaca berikut tadi merupakan paparan mengenai penemuan partikel tuhan, kita perlu bangga dari para ilmuan yang menemukan partikel tuhan, dan penulis berharap bahwa dengan adanya penemuan besar ini nantiny akan banyak berguna bagi umat manusia

Sumber referensi :

1. http://news.detik.com/read/2012/07/06/175518/1959657/10/5-fakta-menarik-partikel-tuhan

2.http://id.berita.yahoo.com/blogs/newsroom-blog/fisikawan-indonesia-terlibat-dalam-penemuan-partikel-tuhan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: