Tinggalkan komentar

MATERI HUKUM ACARA PERADILAN TATA USAHA NEGARA

Penulis akan memaparkan mengenai materi hukum acara peradilan tata usaha negara adalah sebagai berikut :

untuk mengetahui mengenai hukum acara peradilan tata usaha negara pertama – tama adalah harus mengetahui mengenai apa yang dimaksud dengan keputusan tata usaha negara. Keputusan Tata Usaha Negara menurut undang nomo 5 tahun 1986 pasal 1 ayat 3 menyatakan bahwa keputusan tata usaha negara ialah penetapan yang berbentuk tertulis yag dikeluarkan badan atau pejabat tata usaha negara yang berisi tindakan hukum tata usaha negara yang sifatnya konkret, individual, final, dan mengakibatkan akibat hukum terhadap orang atau badan usaha perdata. Berdasarkan pasal tersebut dapat diketahi bahwa suatu keputusan itu harus berbentuk tertulis, namun didalam undang – undang tersebut diperluas bahwa keputusan tata usaha negara meliputi segala keputusan yang tidak dibuat oleh suatu badan / pejabat tata usaha negara namun hal tersebut meruapakan suatu kewajiban.

Adapun pihak yang bersengketa adalah pihak tergugat (yang meliputi badan / pejabat tata usaha negara), dan pihak penggugat (yang meliputi orang/badan hukum perdata). Adapun kompetensi atau kewenangan yang dimiliki oleh pengadilan tata usaha negara adalah kompetensi absolut (meliputi materi perkara), kemudian kewenangan relatif (meliputi tempat atau wilaya hukum kerja pengadilan), dan kewenangan temporis (kewenangan mengenai  batas waktu atas perkara tersebut).

Mengenai pembatasan terhadap kewenangan absolut pengadilan tata usaha negara adalah sebagai berikut ;

1. Pembatasan langsung yang terdiri dari dua bagian, pertama berdasarkan pasal 2 ( meliputi Keputusan Tata Usaha Negara yang merupakan perbuatan hukum perdata, Keputusan Tata Usaha Negara yang merupakan pengaturan yang bersifat umum, Keputusan Tata Usaha Negara yang masih memerlukan persetujuan, Keputusan Tata Usaha Negara yang dikeluarkan berdasarkan ketentuan Kitab Undang-undang Hukum Pidana atau Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana atau peraturan perundang-undangan lain yang bersifat hukum pidana,  Keputusan Tata Usaha Negara yang dikeluarkan atas dasar hasil pemeriksaan badan peradilan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,  Keputusan Tata Usaha Negara mengenai tata usaha Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, Keputusan Panitia Pemilihan, baik di pusat maupun di daerah, mengenai hasil pemilihan umum.), dan yang kedua adalah menurut pasal 49 yang menyebutkan bahwa terdapat dua hal yang menyatakan Keputusan tersebut dibuat pejabat tata usaha negara namun keputusan tersebut bukan merupakan tata usaha negara yaitu suatu keputusan yang dibuat karena keadaan mendesak demi kepentingan umum, dan alasan kedua adalah suatu keputusan yang dibuat dalam keadaan perang, bencana alam, atau dalam keadaan memaksa, sesuai dengan peraturan per undang – undangan yang berlaku.

2. Pembatasan Langsung / sementara adalah suatu pembatasan terhadap kewenangan kompetensi absolute yang sebelum peraturan perundang – undangan ini dibuat perkara belum diputus oleh pengadilan umum tetap diperiksa dan diputus oleh pengadilan umum.

3. Pembatasan tidak langsung adalah suatu pembatasan yang menyatakan bahwa diberikannya suatu kesempatan upaya administrasi dan apabila upaya administrasi tidak dilakukan, maka akan menimbulkan akibat tidak diperbolehkan untuk melakukan upaya peradilan.

Selanjutnya adalah proses Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara adalah sebagai berikut ;

a. proses mencari kebenara materiil

b. pemeriksaan materil

c. proses dismissal

d. rapat permusywaratan

e. penetapan yang dibagi dua,  yaitu ;

1. tidak dapat diterima ( alasan kewenagan absolut, relatif, temporis, tidak layak, apa yang dituntu sudah dipenuhi)—– lanjut ke acara singkat —–) jika diterima langsung acara biasa.

2. diterima ——-) lanjut ke pemeriksaan persiapan (lihat pasal 63)———–) lanjut kepemeriksaan sidang acara PTUN (pmebacaan Surat Gugatan, jawaban atas surat gugatan, replik, duplik, pembuktian dan pemeriksaan alat – alat, kesimpulan)——) putusan hakim ——) pelaksanaan putusan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: